WOW Sistem Suzuki Ertiga SHVS Hybrid Diesel, Klaim Konsumsi BBM 24.52 km/liter!
Tidak lama setelah giliran Indonesia meluncurkan
Suzuki Ertiga minor facelift saat GIIAS 2015, Maruti Suzuki India pun juga ikut
meluncurkan Low MPV Suzuki ini. Sebenarnya sih dari segi eksterior sekilas
terlihat tidak jauh berbeda bila dibandingkan dengan Ertiga versi Indonesia,
hanya minus reflektor belakang yang desainnya seadanya. Namun yang menarik
adalah varian SVHS Hybrid.
Yup saya tidak salah menyebutkan, ini adalah
Suzuki Ertiga yang dilengkapi Hybrid, sebenarnya lebih tepatnya mild hybrid
sih. Meskipun demikian bisa dibilang bahwa mobil ini adalah trendsetter low MPV
dengan mesin Hybrid. Pertama adalah dari singkatan, SHVS adalah Smart Hybrid
Vehicle System dimana mesin turbodiesel DDiS yang menjadi mesin utama dan
ditunjang dengan beberapa paket hybrid untuk meningkatkan efisiensi.
Sistem kerja SHVS sendiri lebih
kepada menggunakan kembali energi-energi yang terbuang selama di perjalanan.
Seperti Torque Assist, pada saat kita menginjak gas maka baterai berkapasitas
besar akan menyalurkan tenaga saat berakselerasi awal. Benefit? tentu saja demi
meningkatkan efiesiensi mesin dan hasilnya BBM membaik. Selain itu ada Brake
Energy Recuperation dimana memanfaatkan energi kinetik yang hilang saat
pengereman untuk disimpan ke baterai yang bernama Integrated Starter
Generator (ISG). Nantinya energi dari baterai ini bisa digunakan untuk
start-stop engine, akselerasi awal dan membantu saat di tanjakan.
Selain itu juga ada Idle
Engine Start-Stop, cara kerjanya mirip mirip dengan motor matic yang dibekali
idling stop system. Saat di lampu merah misalnya apabila anda berhenti maka
anda harus menetralkan perseneling dan melepas gas sehingga mesin otomatis
berhenti dan untuk menjalankan kembali tinggal menekan pedal kopling. Ada
juga Gear-Shift Indicator yang membantu anda memberi sinyal kapan anda
harus memindah gigi demi efisiensi BBM.
Mesin yang disematkan sistem SHVS ini sendiri hanya satu
mesin : Diesel D13A dengan spek 1.3-liter turbodiesel DDiS dengan tenaga 88
hp @ 4.000 RPM dan torsi 200 Nm @ 1.750 RPM. Kombinasi SHVS pada mesin
Diesel D13A ini menghasilkan figur konsumsi BBM 24.52 km/liter berdasarkan
Sertifikasi ARAI. Mesin diesel ini dikombinasikan dengan transmisi manual
5-percepatan dan tidak ada versi matic-nya. Untuk bensin, sayangnya mesinnya
masih sama dengan Ertiga versi Indonesia yaitu K14B.
Seperti yang disebutkan pada rekan jomblo
Hillsat pada artikel Ngiler, Suzuki Ertiga Facelift India Punya Fitur Jauh Lebih Lengkap Dibanding Versi
Indonesia. Menyampingkan SHVS nya, fitur yang dipunya Suzuki Ertiga ini
sendiri sudah advance. Sudah ada ABS, di interior ada audio touchscreen 7 inchi
SmartPlay dan Start Stop Engine, kamera parkir, sensor parkir….
Ya sudah-lah daripada saya bahas lebih dalam nanti anda semakin keblinger, kojel-kojel dan ngarep, lebih baik saya tutup artikel dengan pertanyaan “Hey, Suzuki Indonesia, ini mobil bagus sudah ada, tinggal anda niat apa tidak?”
Ya sudah-lah daripada saya bahas lebih dalam nanti anda semakin keblinger, kojel-kojel dan ngarep, lebih baik saya tutup artikel dengan pertanyaan “Hey, Suzuki Indonesia, ini mobil bagus sudah ada, tinggal anda niat apa tidak?”
(sumber : automagz.com)
Komentar
Posting Komentar